Manfaat Tanaman Alang-Alang Untuk Kesehatan

manfaat alang alang

Klasifikasi
GenpasAlang – alang ini disbut juga dengan bahasa latin Impereta Cylindrica (L) Beauv. Var. mayor (Nees) C.E.Hubb., atau Impereta Arundinacea Cyrillo atau Lagurus Cylindricus L. Tanaman ini termasuk kedalam famili tumbuhan Gramineae atau Poaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama dareah Ilalang, hilalang, atau kambengan.

Sifat kimiawi
Tumbuhahnini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah di ketahui anatara lain : manitol, glukosa, sakharosa, malic acid, citric acid, coixol, arundoin, cylindrin, fernenol, simiarenol, anemonin, asam kersik, damar, logam alkali.

Efek farmakologis

Bagian tanaman yang bisa digunakan :  efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan rimpang atau daun, bunga dan akar dapat digunakan yang segar ataupun yang kering

sumber gambar: cakrawalamedia co.id

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman alang alang ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut

  1.  Muntah darah:
    Agar segar 30-60 G dicuci bersih, dipotong-potong, digodok dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas detik.
  2. Mimisan:
    Akar segar dicuci bersih, ditumbuk diperas airnya sampai-sampai terkumpul 100 cc, lalu diminum. Atau 30 gram akar segar dicuci bersih lalu digodok dengan 3 gelas air sampai tersisa hanya satu gelas air saja Kemudian diminum.
  3. Air kemih berdarah:
    Rebus 100 gram akar segar dengan 2000 cc air sampai tersisa hanya 1000 cc air.
  4. Kencing nanah : 
    Akar segar 300 gram dicuci bersih, dipotong-potong seperlunya, digodok dengan 2000 cc air bersih sampai tersisa 1200 cc Oma ditambah gula batu secukupnya lalu dibagi tiga kali minum atau digunakan sebagai teh. 
  5. Hepatitis akut menular :
    Akar kering 60 gram digodok dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas.  Dibagi dua kali minum. 10 hari untuk 1 cure
  6. Radang ginjal akut :
    Cuci bersih 60 sampai 120 gram akar segar dipotong-potong seperlunya dan digodok dengan 3 gelas air sampai tersisa hanya satu gelas air saja. Dibagi untuk dua sampai tiga kali minum.  Rebus 60-120 gram Pegagan segar minum secara rutin.

Cara budidaya:
Perbanyakan tanaman menggunakan rimpang atau akar tinggal. Tumbuhan ini tidak perlu ditanam karena akan tumbuh dengan sendirinya di tempat-tempat yang memungkinkan.

Bagikan ke Medsos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *