Tips agar tetap sehat disaat cuaca panas

Bagikan ke Medsos

 54 total views,  2 views today

Asia tenggara  adalah negara tropis, memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Pada saat musim kemarau suhu udara dapat mencapai 40 sampai 50 derajat celcius. Ketika suhu terus meningkat kita harus dapat mengantisipasi agar supaya tubuh kita kuat dan tetap sehat.

Beberapa tips agar tubuh kita tetap sehat di saat cuaca panas.

“USAHAKAN MINUM AIR PUTIH YANG CUKUP”, terutama saat dalam keadaan bepergian, di usahakan selalu membawa bekal air minum. Sehingga kita dapat mencegah resiko dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh kita.

Pada saat siang hari ketika suhu udara mencapai 40 derajat celcius, dan suhu badan kita belum stabil L“ JANGAN LANGSUNG MEMINUM AIR ES ” Karena pembuluh darah mikro kita dapat meledak. Contoh ledakan ringan, ketika kita baru saja terkena teriknya matahari secara langsung, terus kita membasuh beberapa bagian tubuh kita seperti  muka, tangan, tiba-tiba penglihatan kita menjadi buram.

Disaat suhu mencapai  38 derajat celcius bahkan lebih, dalam kondisi seperti ini, jaga agar suhu tubuh tetap tinggi.” JANGAN LANGSUNG MANDI MENGGUNAKAN AIR DINGIN” sebelum kondisi tubuh menyesuaikan dengan suhu ruangan. Selain mengantisipasi supaya pembuluh darah kita tidak meledak, juga pada saat itu pori-pori kulit kita sedang membuka. Sehingga berpotensi patogen masuk lewat pori-pori sehingga dapat menyebabkan sakit.

Biasakan  membasuh tangan sebelum mandi baik pada saat cuaca panas ataupun cuaca dingin. Karena syaraf-syaraf  yang ada pada tangan akan mengirimkan sinyal atau kabar kepada otak. Sehingga otak akan mengirimkan respon keseluruh tubuh. Dengan cara seperti itu tubuh tidak akan mengalami keterkejutan sehingga resiko-resiko seperti diatas bisa kita hindari. Inilah salah satu sunah yang diajarkan Rosulloh Muhammad SAW kepada umatnya yaitu “ MEMBASUH KEDUA TANGAN SEBELUM MANDI”

“MEMAKAI PENUTUP KEPALA”, bisa topi, payung dan lain-lain. Dengan memakai penutup kepala,  ini bisa menghindari kepala kita kontak langsung dengan sinar matahari. Hal ini dapat mencegah potensi sakit yang di sebabkan sinar matahari yang sangat panas.

 Beberapa penyakit karena cuaca panas

1. Heat Cramps atau keram otot. saat suhu udara tinggi dan kita melakukan olah raga yang cukup intens inilah yang dapat menyebabkan terjadinya heat cramps atau keram otot.

2. Dehidrasi  atau kekurangan cairan. Ketika suhu atau panas semakin meningkat cairan tubuh kita juga akan mengalami pengurangan cairan. Baik lewat urine terlebih lagi lewat keringat yang keluar lewat pori-pori. Jika asupan air tidak sebanding dengan yang di keluarkan inilah yang menyebabkan dehidrasi.

3. Heatstroke atau kerusakan pada jaringan otak dan organ tubuh. Biasanya karena kepala langsung terkena sinar matahari dengan durasi yang cukup lama. Sehingga mengakibatkan rusaknya jaringan otak yang ada dikepala. Biasanya di tandai dengan sakit kepala. 

4. Serangan jantung. Tubuh akan mengalami kelelahan dikarenakan meningkatnya temperatur udara. Sehingga akan mengakibatkan pernapasan tersengal-sengal karena asupan oksigen didalam tubuh kurang. Akhirnya tubuh akan memaksa jantung untuk dapat bekerja lebih keras lagi.

5. Panas dalam. Ketika asupan makanan atau vitamin tidak sesuai dengan kondisi tubuh maka tubuh akan mencari sumber lain untuk memenuhi kebutuhannya. Sehingga mengakibatkan cadangan makanan dan vitamin yang ada di dalam tubuh berkurang. Yang akhirmya menyebabkan timbulnya penyakit panas dalam. Oleh karena itu jaga asupan makanan dan vitamin yang sesuai dengan kondisi tubuh.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita. Serta kita dan keluarga semua tetap sehat disaat cuaca panas . amiiiin

Bagikan ke Medsos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *